Etika, Penipuan, dan Pengendalian Internal


Etika adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seorang terkait dengan sifat baik dan buruk.
Etika komputer yaitu analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer serta berbagai formulasi dan justifikasi kebijakan yang terkait untuk penggunaan teknologi semacam itu secara beretika.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penipuan yaitu adanya tekanan keadaan, peluang dan karakteristik pribadi. Peluang adalah factor yang sangat mendorong penipuan. Peluang dapat didefinisikan sebagai pengendalian atas aktiva atau akses ke aktiva.
Skema Penipuan
1.        Laporan tipuan
Laporan yang dihubungkan dengan penipuan oleh pihak manajemen. Jika semua penipuan melibatkan beberapa bentuk kesalahan laporan keuangan, untuk memenuhi skema penipuan ini yaitu laporan tersebut harus memberikan manfaat keuangan langsung serta tidak langsung bagi pelakunya. Dengan kata lain, laporan tersebut tidak hanya merupakan alat untuk menyamarkan atau menutupi tindakan penipuan.
2.        Korupsi
Korupsi melibatkan eksekutif, manajer atau karyawan perusahaan dalam bentuk kolusi dengan pihak luar.
3.        Penyalahgunaan aktiva
Berbagai aktiva dapat disalahgunakan secara langsung atau tidak langsung demi keuntungan pelaku penipuan.


Konsep Pengendalian Internal.
1.        Menjaga aktiva perusahaan
2.        Memastikan akurasi dan keandalan catatan serta informasi akuntansi
3.        Mendorong efisiensi dalam operasional perusahaan
4.      Mengikuti kesesuaian dengan kebijakan serta prosedur yang ditetapkan oleh pihak manajemen.

Model Pengendalian Internal untuk Pencegahan, Pendeteksian, dan Perbaikan.
1.     Pengendalian pencegahan adalah pertahanan pertama dalam struktur pengendalian. Pengendalian pencegahan adalah teknik pasif yang didesain untuk mengurangi frekuensi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
2.   Pengendalian pemeriksaan membentuk lini pertahanan kedua. Ini adalah berbagai alat, teknik, dan prosedur yang didesain untuk mengidentifikasi serta mengekspos berbagai peristiwa yang tidak diinginkan dan yang lepas dari pengendalian pencegahan.
3.   Pengendalian perbaikan adalah tindakan yang diambil untuk membalik berbagai pengaruh kesalahan yang terdeteksi dalam tahap sebelumnya.

contoh flowchart:


sumber:
Hall, James A.2007."Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4".Jakarta:Salemba Empat

Comments

Popular posts from this blog

Pengeluaran Bag II: Prosedur Pemrosesan Penggajian dan Aktiva Tetap

Siklus Pengeluaran Bagian 1: Prosedur Pembelian dan Pengeluaran Kas