Etika, Penipuan, dan Pengendalian Internal
Etika adalah suatu norma atau
aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi
seorang terkait dengan sifat baik dan buruk.
Etika
komputer yaitu analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer
serta berbagai formulasi dan justifikasi kebijakan yang terkait untuk
penggunaan teknologi semacam itu secara beretika.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi penipuan yaitu adanya tekanan keadaan, peluang dan karakteristik
pribadi. Peluang adalah factor yang sangat mendorong penipuan. Peluang dapat
didefinisikan sebagai pengendalian atas aktiva atau akses ke aktiva.
Skema Penipuan
1.
Laporan tipuan
Laporan yang dihubungkan dengan penipuan oleh pihak
manajemen. Jika semua penipuan melibatkan beberapa bentuk kesalahan laporan
keuangan, untuk memenuhi skema penipuan ini yaitu laporan tersebut harus
memberikan manfaat keuangan langsung serta tidak langsung bagi pelakunya.
Dengan kata lain, laporan tersebut tidak hanya merupakan alat untuk menyamarkan
atau menutupi tindakan penipuan.
2.
Korupsi
Korupsi melibatkan eksekutif, manajer atau karyawan
perusahaan dalam bentuk kolusi dengan pihak luar.
3.
Penyalahgunaan aktiva
Berbagai aktiva dapat disalahgunakan secara
langsung atau tidak langsung demi keuntungan pelaku penipuan.
Konsep Pengendalian Internal.
1.
Menjaga aktiva perusahaan
2.
Memastikan akurasi
dan keandalan catatan
serta informasi akuntansi
3.
Mendorong efisiensi dalam operasional perusahaan
4. Mengikuti kesesuaian dengan
kebijakan serta prosedur yang ditetapkan oleh pihak manajemen.
Model Pengendalian Internal
untuk Pencegahan, Pendeteksian, dan Perbaikan.
1. Pengendalian
pencegahan adalah pertahanan pertama dalam struktur pengendalian. Pengendalian
pencegahan adalah teknik pasif yang didesain untuk mengurangi frekuensi
terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
2. Pengendalian
pemeriksaan membentuk lini pertahanan kedua. Ini adalah berbagai alat, teknik,
dan prosedur yang didesain untuk mengidentifikasi serta mengekspos berbagai peristiwa yang tidak diinginkan dan
yang lepas dari pengendalian pencegahan.
3. Pengendalian
perbaikan adalah tindakan yang diambil untuk membalik berbagai pengaruh
kesalahan yang terdeteksi dalam tahap sebelumnya.
contoh flowchart:
sumber:
Hall, James A.2007."Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4".Jakarta:Salemba Empat
Comments
Post a Comment